Kamis, 31 Mei 2012

EXO MAMA MV: Review Saya! [PART 1]


nah,kali ini gue mau bahas tentang boyband korea baru niih,si rookie EXO.

Gila,sekali liat gue langsung melting dan pengen ngasi 4 tumbs buat SM E.
Actually nih sebenernya gue credit,karena gue males nulis.haha..
i'm too busy right now...
and then,
sorry buat ff gue yang belum bisa gue terusin.DAMN.kompie nya rusak,dan waolaa....ilang dah semua tulisan itu.huhuu T.T
okay,langsung aja yuk...this is it....


THE EXTRAORDINARY EXOTIC BOYBAND: EXO!
Ahem... Basa basinya kepanjangan... tapi akhirnya YA ALLAH YANG MAHA GANTENG! EXO akhirnya debut juga... Rasanya kemaren setelah pulang dari antri tiket dan melihat YouTube SM sudah dihiasi oleh dua video baru itu pengen sujud syukur Alhamdulillah... Selama 108 hari menunggu sejak teaser pertama akhirnya debut juga. Setelah serentetan 23 teaser dan 2 teaser MV, akhirnya tadi mereka tampil juga di Inkigayo dan Yin Yue Feng Yun Bang Awards ke 12 dan denger-denger sukses besar! Banyak fans yang nunggu pengen liat EXO-M. Wuihhh~~~
Kalau dulu SHINee debut dengan lagu Noona You're So Pretty, kemudian SNSD bilang "Oppa Oppa I'll be I'll be down down down down~" Sekarang EXO muncul dengan hits title: MAMA. Yes. Kalau SHINee suka sama mbak-mbak, EXO kok ya kesannya ngejer tante-tante banget gitu loh yah. Eits, tapi jangan langsung judge-judge! Paling nggak suka sama orang yang judge asal-asalan seperti misalnya bahwa gue adalah Anti-Kai. Saya tegaskan lagi saya tidak anti pada satu member EXO-pun. Harap dimengerti. Kalau ada tulisan yang bilang Kai banci tampil atau kayak barongsai, anggap saja itu tanda cinta saya pada idola saya. Sekian.
Berhubung banyak yang minta juga di twitter dan timbulnya kesadaran dalam diri bahwa tidak adil rasanya mengesampingkan EXO M sementara "WE ARE ONE WE ARE EXO" adalah slogan mereka, jadi kali ini gue akan membahas nggak cuma EXO K tapi juga EXO M! Hehehe... Hmmm... Postingannya mungkin akan jadi sangat panjang. Semoga aja betah bacanya. Tapi kalao misalnya kepanjangan, terpaksa gue potong jadi 2 atau 3 Part.
Seperti biasa, sebelum membahas lebih lanjut, lebih afdol rasanya kalau kita nonton MV-nya dulu. Yuks~~~ Dan karena warna resmi EXO adalah ijo-ijo-lime-mama-lime, jadi judulnya gue tulis pake ijo-ijo-lime-mama-lime juga :D

EXO K MV: MAMA (Korean Version)

http://www.youtube.com/watch?v=KH6ZwnqZ7Wo
EXO M MV: MAMA (Chinese Version)
http://www.youtube.com/watch?v=eQ9sTtXSDwo
Karena waktu Showcase lagu ini pernah mereka nyanyiin dan gue sempat download video perform mereka di showcase (thanks to EXO-Fans yang udah upload ke YouTube!), jadi lagu MAMA ini sudah lebih dahulu menghantui sel-sel otak dan menggerayangi gendang telinga sebelum MV-nya keluar. Waktu pertama kali denger lagunya komentar pertama gue adalah: YA TUHAN INI KENAPA ADA BAGIAN PEMUJAAN FIR'AUN? Tapi nggak bisa bohong juga kalau bagian pemujaan fir'aun itulah yang "dijual" di lagu MAMA ini. SM selalu membuat lagu-lagunya gampang untung diingat dan kalau bisa jadi trademark, trending topic di setiap pikiran Kpop-ers dan semacam racun bagi pendengarnya. Yang seru lagi adalah bahwa untuk menanamkan racun ke pikiran penggemarnya itu, SM suka membuat lirik yang suka diulang-ulang atau menyelipkan kata-kata dalam bahasa Inggris yang sebenarnya sih kalo diperhatiin nggak ada yang istimewa tapi tetep aja bisa nempel di kalbu. Sebut saja beberapa lagu berikut ini yang masuk kriteria racun entah karena gampang diingat ataupun karena liriknya berulang-ulang:
  1. SHINee - Noona You're So Pretty. Ada bagian dimana kata-kata "Replay" diulang beberapa kali di setiap reff. Waktu jaman pertama denger lagu ini bahkan nggak pernah nyebut judul aslinya tapi judul alternatifnya yaitu Replay.
  2. SHINee - Ring Ding Dong. Sudah barang tentu lagu ini termasuk ke dalam kategori lagu racun-nya SM. Selain judulnya juga rada-rada out of the box, setiap kali keputer "Ring ding dong ring ding dong ring diggi ding diggi ding ding ding..." pasti bakalan echoing terus. Nggak cuma itu, di lagu ini juga ada bagian racun lain yaitu "Kolak kolak kolak" dan "Funtastic Elastic".
  3. BoA - Hurricane Venus. Pasti tau dong sama bagian "Electronic manic supersonic bionic energy" di lagu ini? Keulang terus sampai akhir lagu~
  4. SHINee - Lucifer. Reff-nya memiliki homophone (kata-kata yang terdengar sama) sehingga membuat yang denger jadi annoying tapi suka gitu. Selain itu kata-kata Lucifer yang berulang-ulang juga jadi faktor melekatnya lagu ini di kepala.
  5. Super Junior. Hampir semua lagu hits Super Junior punya lirik yang berulang-ulang yang berujung pada sakaratul maut otak yang nggak bisa menghindar untuk menyanyikan lagu itu walaupun hati tidak menginginkannya. Beberapa orang yang nggak suka K-Pop tapi pernah denger lagu SuJu pernah secara random menyanyikan lagu-lagunya SuJu. Sebut aja Bonamana. Dari bagian opening lagu yang "Ddan daranddandan...", bagian Donghae yang "Salkka salkka salkka..." Reff yang "Bonchemanche" dan pastinya "Bonamana" yang terus diulang sepanjang lagu menjadi nilai jual lebih lagu ini sehingga nempel kayak tokek di otak. Yang lain kayak misalnya Sorry Sorry, Mr. Simple, Twins (Knock Out) juga punya lirik yang berulang-ulang.
  6. TVXQ - Keep Your Head Down + Mirotic. Gue nggak banyak tahu lagu-lagunya TVXQ karena pas jaman mereka sukses gue belom ngefans sama Korea dan SM. Tapi dua lagu ini (yang keduanya adalah favorit gue dari TVXQ) juga punya trademark sendiri. Keep Your Head Down dengan kata "Wae?"-nya yang diulang-ulang dan Mirotic dengan "I got you under my skin...!"-nya yang fenomenal pas jaman itu.
  7. Girls' Generation. Karena mereka adalah versi cewek dari Super Junior, dan nggak bisa dipungkiri juga kalau lagu hits GG dan SJ selalu diciptakan oleh Yoo Youngjin (gak cuma GG dan SJ sih sebenarnya, hampir semua lagu artis SM yang hits tepatnya) juga punya tipe racun yang sama. Gee, Run Devil Run, The Boys, Oh!, semua punya lirik yang berulang-ulang.
  8. EXO - History. Di lagu History, ada beberapa bagian yang berulang, ada juga lirik berbahasa Inggris yang bisa dibilang jadi trademark-nya lagu ini. Misalnya: Every every every day~, trus No More Shakin' Like That, dan Turn it up Turn it up Turn it up/Ireona ireona ireona. Selain itu, bagian yang, "O~ o~" pas lagi gaya pamer telapak tangan itu juga menurut gue unik.
Nah! Lagu MAMA yang diciptakan juga oleh Om gue terkasih Yoo Youngjin ini juga punya nilai jual yang sama (dengan lagu-lagu yang contohnya gue sebutkan di atas) yang nggak salah lagi adalah part nyany yang terdengar seperti pemujaan itu.

Karena gue mendengar lagu ini di showcase dan bukan di MV, jadi gue menemukan lirik yang bagian itu sangat menarik. Terlepas dari dunia Showbiz Korea khususnya K-Pop yang ingin menguasai dunia dan mengalahkan industri Showbiz di barat dengan memasukkan simbol-simbol iluminati atau apapun itu di setiap MV mereka, tapi beneran deh lirik awal itu bener-bener ear-catching banget. Sempat menebak-nebak sebenarnya apa sih yang dikatakan di lirik itu? Awalnya gue pikir cuma sekedar bisikan-bisikan biasa atau kalimat-kalimat nggak penting kayak Funtastic Elastic atau Bonchemanche yang berulang-ulang itu. Karena kualitas MP3 yang gue dapatkan adalah dari showcase, jadi liriknya nggak kedengeran jelas. Akhirnya gue coba browsing di tumblr, dan ada lirik lucu yang di posting sama seseorang:

Kill this... kill this... shoot anonymous... anonymous... careless motherless. no one care about me...
Dem! Waktu pertama baca itu gue ngakak. Karena emang ada kemiripan pengucapan dengan yang ada di lagu. Gue mencoba untuk mendengarkan ulang tapi lirik buatan fans itu tetep yang berputar di kepala. Nah, waktu single debut-nya keluar di itunes dan nonton MV yang versi China-nya, eh ternyata memang bener hampir mirip kayak gitu....

Careless careless, shoot anonymous anonymous. Heartless mindless. No one, who care about me?
Beberapa kata ada yang bener dan beberapa kata lain cuma menyimpang sedikit. Tapi lalu kemudian gue berpikir, apa sih maksud dari lirik ini? Apakah emang hanya kalimat-kalimat nggak penting semata? Kalo emang iya, gue salut sama Yoo Youngjin yang bisa mengemas kalimat nggak penting itu ke dalam sebuah lagu dan dijadikan trademark dari lagu itu sendiri. Ditambah lagi bernada pemujaan fir'aun kayak gitu. Daebak! Masalah lirik ini, apapun kalimatnya, kalo nadanya begitu juga akan terkesan pemujaan fir'aun loh. Coba nyanyiin ini:

Dioles... dioles... air di termos, ada di termos... dioles... dioles... pengen makan popmie....
But heck, ternyata lirik itu bermakna sangat dalam sekali loh :") Gue bahkan sampe merinding waktu baca keseluruhan makna liriknya. Oke kita bahas itu nanti, sekarang masuk ke pembahasan MV dan perbandingan dengan MV-MV lain yang dibuat oleh SM dalam kurun waktu 2009-2012 dimana gue dalam kurun waktu itu lumayan intens mengikuti MV-MV buatan SM (Kecuali TVXQ dan CSJH ya...)

Kalau Mr. Simple dan The Boys dibuka dengan fashion show member, berjalan bergiliran, pamer senyum (The Boys) dan pamer muka cool (Mr. Simple) dan sama sekali MV-nya nggak bercerita tentang apapun hanya dance-dance biasa. Kemudian Sherlock muncul dengan kemasan unik MV bercerita yang sudah lama mulai ditinggalkan oleh SM yang dibuka dengan lima orang detektif muda yang lagi nunggu kerjaan. MV MAMA juga dibuka dengan sebuah cerita, tetapi dalam kemasan yang berbeda. Pembukaan MV MAMA ini lumayan panjang, sekitar 1 menit 25 detik. Pernah juga muncul sebagai pembukaan Showcase. Kenapa kemudian SM membuat pembukaan MV yang seperti ini? Ada banyak alasan.
  1. SM sudah mengkonsep dengan "matang" bagaimana EXO ini terbentuk dan identitas apa yang akan mereka bawa. SM konsisten bahwa mereka datang dari Planet EXO, kemudian di teaser Chanyeol ditunjukkan beberapa simbol yang pada akhirnya di MV MAMA ketauan kalau simbol-simbol itu adalah simbol kekuatan dari beberapa member (misalnya Unicorn nya Lay). Ada juga judul lagu Time Control di teaser Kai-Luhan yang kemudian menggambarkan kekuatan dari Tao di MV yang bisa menghentikan waktu, lagu Lightsaber di teaser Kai yang ke 4 yang menggambarkan kekuatan Baekhyun yang bisa mengeluarkan cahaya dari tangannya, lagu Phoenix di teaser-nya Lay yang kemudian menjadi kekuatannya Chanyeol, lagu Two Moons di teaser Kai-Lay juga demikian, berhubungan dengan bagaimana ceritanya EXO kemudian bisa hidup di dunia yang berbeda. Yah bolehlah ditambah Let Out The Beast yang kalau mau dihubungkan bisa dengan Naga-nya Kris. Semua seakan menjelaskan betapa dipersiapkannya EXO ini oleh SM dan sejak awal mereka konsisten dan tahu, EXO ini nantinya akan dibawa kemana dan dengan konsep apa dan konsep itulah yang ingin ditanamkan di benak para fans bahwa selain EXO ini bakalan menginvasi dunia dengan musiknya, mereka juga punya kekuatan supranatural yang bisa menghipnotis para pecinta Kpop di dunia. Kurang lebih penggambarannya kayak gitu.
  2. SM ingin semua yang nantinya akan menyukai EXO tapi tidak mengikuti EXO dari awal bisa mengerti, sebenarnya konsep apa sih yang mau SM kasih melalui EXO ini. Makanya dibagian awal MV dibuat jalan cerita. Bagaimana kemudian EXO ini bisa terpisah menjadi EXO K dan EXO M. Bagaimana kemudian mereka bisa memiliki kekuatan masing-masing (yang kalau misalnya kalian ngikutin dari awal, seperti penjelasan di nomor 1, kalian akan mengerti maksud dari semua teaser yang ada dan yang masuk di MV What Is Love), bagaimana mereka bisa memiliki Two Moons dan sebagainya. Paling nggak, sedikit banyak opening MV Mama ini menjelaskan semua itu.
  3. SM ingin menarik perhatian semua kalangan. Dengan menggunakan visual cerita seperti itu, bisa dipastikan nggak hanya ABG labil kayak gue yang akan tertarik melihat EXO tetapi juga anak kecil karena visualisasinya jujur aja keren banget. Bahkan beberapa orang di tumblr yang gue baca mengira itu film Lord Of The Ring, Kung Fu Panda atau semacamnya. Gue memuji SM di sini karena sudah mulai berani mempersiapkan sebuah cara yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Nggak sekedar fashion show belaka gitu.
Gue melihat ada kesamaan yang entah sengaja atau nggak, yang dibuat SM dari MV-MV sebelumnya. Beberapa yang gue tangkep adalah sebagai berikut:
*
#1 SM suka banget pake latar putih untuk beberapa dance versionnya. Mungkin karena warna putih ini netral dan kesannya cerah gitu. Dan kalau misalnya latar putih, semua pakaian yang dikenakan artis akan terlihat lebih mencolok warnanya. Beberapa MV SM yang latarnya putih atau dominan putih:
*
MR. SIMPLE

GEE

*
CHU~
*


NO OTHER
*
NU ABO


Dan  masih ada yang lain kayak misalnya The Boys, Marry U, Keep Your Head Down, Danger.Walaupun nggak bisa juga dibilang sebagai identitas SM, tapi emang, nyatanya, SM sering bikin MV dengan latar putih atau dominan putih kayak gini, disadari atau tidak.

MAMA

#2 Gak tahu kenapa, kok kayaknya SM suka banget pake bunga dan kelopak-kelopak bunga yang berjatuhan dari langit :") Kalo di Hurricane Venus sama The Boys memang gue yakin itu mawar. Tapi pas nonton MAMA, awalnya emang kayak mawar sih (dalam hati juga yakin itu mawar), tapi pas adegan Tap menendang kuntum bunga itu, kok bunganya nggak kayak mawar ya? Hehehe Tapi yaudahlah... Yang penting konsep bunga jatuh dari langit ini kayak diulang-ulang terus sama SM... Walaupun beda warna cowok dan cewek. Putih dan Merah/Orange.

...

#3 Ada beberapa ide MV lain yang berulang di MV MAMA ini yang semalem baru gue sadari :p
...

Bedanya adalah kalau TVXQ tidak pernah dari awal dikonsep sebagai boyband dengan kekuatan-kekuatan supranatural, sedangkan EXO konsep awalnya adalah manusia super dari planet berbeda dengan kekuatan supranatural. Jadi bisa dikatakan bahwa TVXQ hanya konsep MV-nya saja, sedangkan EXO adalah konsep boyband-nya sekalian. Walaupun nggak bisa dipungkiri juga bahwa kemiripan dua elemen di EXO dengan MV Keep Your Head Down ini bisa berasal dari satu otak yang sama. Selain emang elemen Api dan Cahaya itu emang sudah umum sekali.

Kayak yang udah gue bilang diatas, mungkin ini sudah kepanjangan jadi gue akan lanjutkan di PART berikutnya karena kita belom ngebahas MV secara keseluruhan. Maklumin yee... ane lagi ujian dan nggak bisa mikir apapun. Nanti semoga minggu depan udah agak lowong baru dibuat :)
Enjoy! Kalo ada komentar kritik dan saran, komen aja atau mention di twitter :) Yang belom beli novel gue, beli lah~ kkk~

NEXT STORY:

EXO MAMA MV REVIEW SAYA PART 2
EXO MAMA MV REVIEW SAYA PART 3
EXO MAMA LYRIC+TRANSLATION

***








Tidak ada komentar: