Sabtu, 09 Juni 2012

[TRANS] 12.04.10 Wawancara EXO-M di Sina Star Show




http://www.youtube.com/watch?v=ercOmokKGOM&feature=player_embedded
MV MAMA di putar di awal acara.
Host : Selamat datang di Obrolan dengan Sina Star. Kita telah melihat MV Debut mereka, dan tamu kita hari ini adalah Boyband baru SM, EXO-M. Mari kita sambut mereka.
Host : Silahkan perkenalkan diri kalian
EXO-M : Kita adalah EXO-M!

Host : Kita berharap melalui Sina Chat hari ini, Fans dapat berinteraksi langsung dengan EXO. Sebelumnya kita telah melihat MV MAMA, apabila mungkin – bisakah kalian menampilkan live untuk kami?
Kris : Ya. Lay, Luhan, dan Xiumin silahkan.
(Lay, Luhan, dan Xiumin menampilkan satu part dari MAMA)
Host : Itu sangat keren. Banyak fans hadir di sini sekarang. Apa yang kalian pikirkan tentang EXO-M?
Fans : Tampan!! Cool!!
Host : Isyarat tangan EXO-M adalah di atas. Saya benar kan?
Kris : Ya.
Host : Apa artinya?
Kris : Hal tsb menunjukkan EXO bertujuan menjadi Band Musik yang berpengaruh, dan menunjukkan ke 12 member, bahwa kami adalah satu.
Host : Berhubung ke-enam member datang semua, maukah kalian memperkenalkan diri secara individual?
(Perkenalan Member)
Host : Bisakah setiap member menjelaskan mengenai MAMA? Mungkin Chen?
Kris : Konsep MAMA pada dasarnya powerfull dan kuat, juga memberikan kekuatan pada seseorang dan perasaan misterius. Selain itu, karena EXO adalah grup perform, stage di atur dengan setup yang besar.
Host : Lagu MAMA telah menaklukan hati banyak fans, setiap orang membicarakannya dan mencari tahu sendiri di internet untuk menjelaskan maksud MV. Bisakah salah satu dari kalian menjelaskan lebih mengenai apa yang dilakukan member dalam MV? Dan bagaimana kalian memperkenalkan diri kalian sebagai grup?
Kris : Pada dasarnya, EXO-M berasal dari EXO Planet yang artinya kami dari planet lain, seperti daerah yang belum diketahui. Grup kami terbagi menjadi EXO-M dan EXO-K masing-masing difokuskan pada pasar yang berbeda ; China dan Korea. Kami akan menampilkan lagu yang sama dan pada waktu yang sama. Hanya berbeda bahasa.
Host : Aku telah melihat scene lambang setiap member yang berbeda, apakah itu menunjukkan simbol dari planet kalian? Dan apakah kalian memilihnya sendiri?
Kris : Tidak. Bukan kami yang memilih.
Host : Namun simbol kalian diberikan sesuai dengan kepribadian kalian kan?
Kris : Bisa dikatakan seperti itu. Kami akan mengenalkan simbol dari kami masing-masing.
Tao : Lambangku menunjukkan ‘Time Control’. Aku bisa membuat waktu berhenti.
Chen : Lambangku menunjukkan ‘Petir’ yang dipancarkan dari cincin.
Xiumin : Aku minta maaf tidak menggunakan bahasa China karena aku belum begitu menguasainya. Namun aku akan berusaha keras untuk mempelajarinya sehingga aku bisa berinteraksi dengan kalian di waktu mendatang. Simbolku hampir sama dengan “Kepingan Salju” yang berarti Aku bisa melelehkan apapun.
Luhan : Aku bisa memindahkan benda dengan pikiranku.
Lay : Simbolku mewakili “Unicorn” yang berarti Aku bisa mengumpulkan kekuatan.
Kris : Aku bisa terbang. Simbolku diwakili naga.
Host : Aku dengar Luhan berasal dari Beijing, apakah kamu sudah sempat pulang?
Luhan : Sejauh ini, belum. Kami di sini (Beijing) baru hanya pada tanggal 9 setelah debut di Shenzhen tanggal 8. Oleh karena itu, Aku belum sempat berkunjung ke rumah.
Host : Apakah akan ada aktifitas seperti ini dalam beberapa minggu yang akan datang?
Luhan : Aku tidak yakin mengenai hal ini. Namun aku sudah menghubungi orang tuaku.
Host : Kita mempunyai hadiah untuk Luhan, silahkan lihat.
(VCR/Video Casette Recording untuk Luhan diputar)
Host : Kita lihat, Guru Luhan mengatakan bahwa popularitas Luhan sekarang lebih besar dari padanya. Dia juga menyebutkan impian Luhan. Luhan apakah kamu masih impian ini?
Luhan : Impianku adalah menjadi seorang penyanyi karena aku sangat suka menyanyi.
Host : Jadi, Bagaimana kamu bergabung dengan SM?
Luhan : Sebenarnya aku pergi ke Korea pada tahun 2008. Namun aku tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk memasuki dunia Entertainment. Oleh karenanya, aku sedikit kecewa. Namun suatu hari aku sedang shopping di Myeondong bersama beberapa temanku. Dan aku ditemui Staff SM Official.
Host : Bagaimana member lainnya bergabung dengan SM?
Kris : Kami bergabung dengan SM melalui cara yang berbeda. Saya pribadi bergabung dengan SM setelah mengikuti global audisi di Kanada pada tahun 2007.
Lay : Aku bergabung dengan SM pada tahun 2008 di Wuhan.
Xiumin : Aku bergabung di tahun 2008 setelah memenangkan kompetisi.
Chen : Tahun 2011, ketika aku memenangkan kejuaraan dalam kompetisi menyanyi dan SM memilihku.
Tao : Pada tahun 2011 ketika aku memenangkan kompetisi di China, Qing Dao.
Host : Di SM, Ada banyak senior terkenal juga hebat seperti Super Junior dan TVXQ. Apakan mereka memberimu dukungan dan bantuan?
Lay : Aku pernah bekerja dengan SHINee satu kali dan mereka memberiku banyak bantuan dan peduli padaku.
Host : Apakah di antara member ada yang ingin bertujuan menjadi seperti senior kalian?
Kris : Sebenarnya, semua senior kita sempurna dan mereka semua memberi banyak bantuan pada kami.
Lay : Mereka semua adalah target kami. Kami ingin seperti mereka.
Kris : Kami berharap untuk bisa berkolaborasi dengan mereka suatu saat. Bisa berdiri dan perform dalam stage yang sama.
Host : Tentu. Kita akan sangat mengharapkan hal itu. Kalian mempunyai peran yang berbeda dalam grup. Maukah kalian bercerita mengenai ini?
Kris : Aku leader EXO-M. Dan akulah yang bertanggung jawab dalam hal rap.
(Kris melakukan rap Two Moons)
Tao : Rap dan Wushu.
Lay : Lead Dancer.
Luhan : Lead Singer dan Dancer.
Chen : Lead Singer (Luhan dan Chen menyanyikan Baby Don’t Cry)
Xiumin : Aku difokuskan pada bagian teriakan pada lagu. Namun Dance dan Menyanyi juga. (Xiumin menyanyikan Lagu JJLin)
Host : Bisakah kita melihat Tao menampikan sebagian?
Tao : Menyanyi atau Dance?
Host : Dance atau tunjukkan kemampuan beladirimu.
Fans : Dia sedang mengalami cedera pinggang.
Host : Oh beladiri tidak tepat saat ini. Bagaimana dengan pinggangmu Tao?
Tao : Aku merasa banyak lebih baik sekarang. Terima kasih. (Tao melakukan sedikit bagian rap dari Two Moons)
Lay melakukan break dance History.
Host : Terima kasih 6 member cute EXO-M atas penampilan individualnya. Ngomong-ngomong setiap orang sekarang tertarik untuk mengetahui kehidupan di dorm kalian, seperti di Korea. Luhan, siapa teman sekamarmu?
Luhan : di Korea, teman sekamarku adalah Kris dan Xiumin. Lay dan Chen satu kamar dan Tao satu kamar dengan Manager.
Host : Apakah dia mendapat perlakuan khusus atau?
Luhan : Tidak. Itu karena pada awalnya Bahasa Korea Tao tidak begitu bagus. Oleh karena itu dia butuh untuk lebih mempelajari bahasa Korea untuk berkomunikasi.
Host : Jadi, Luhan Kris dan Xiumin membentuk keluarga kecil sendiri? Apakah kalian membagi-bagi tugas di dorm?
Luhan : Kita tidak mempunyai banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kita hanya latihan, tidur, kemudian bangun.
Host : Well.. Pasti ada seseorang yang akan membangunkan lainnya. Kris apakah ini peranmu berhubung kau adalah seorang leader?
Luhan : Ada alarm.
Xiumin : Aku biasanya menyapa ketika aku bangun.
Host : Siapa yang paling malas? Siapa yang biasanya menolak untuk bangun?
Xiumin : Kris.
Host : Jadi Kris yang biasanya menolak untuk bangun?
Kris : Sedikit. Tapi tidak seburuk itu.
Host : Di antara kalian bertiga, adakah kebiasaan aneh ketika tidur?
Lay : Luhan tidak suka jika ada seseorang dikasurnya. Ia akan menendangnya jika ada yang tidur dikasurnya.
Host : Luhan, bisakah kau menceritakan kebiasaan aneh member lain? Apakah Kris memilikinya?
Luhan : Kris berbicara dalam tidurnya. Dia berbicara dalam bahasa Inggris, bahasa Korea kadang-kadang, dan bahkan Cantonese. Aku tidak mengerti apa yang dia ucapkan.
Kris : Kadang-kadang, bahkan aku tidak mengerti bahasa apa yang kuucapkan. Itu sedikit membingungkan.
(Kris melakukan perkenalan dalam bahasa Canto)
Host : Apakah ada yang ingin mengungkap kebiasaan aneh Tao dan Chen?
Tao : Tidak. Kita biasanya tidak memiliki kebiasaan aneh.
Host : Luhan apakah kamu mau mengungkapnya? Kamu telah mengungkap kebiasaan aneh salah satu member, yang lain tidak akan terluka.
Luhan : Hm, aku tidak terlalu yakin mengenai itu.
Host : Hidup bersama di dorm pasti ada suatu hal menarik yang terjadi. Aku dengar masing-masing member berbagi underwear seperti memakainya? Apakah ada hal semacam itu?
Luhan : Tidak, kami tidak melakukannya.
Lay : Kami mengganti kaus kaki.
Kris : Ya Kaus kaki.
Host : Apakah kalian mencuci kaus kaki kalian hanya pada saat kotor atau?
Kris : Kami mencuci kaus kaki setiap hari karena selama latihan kami banyak berkeringat.
Tao : Kami mencuci kaus kaki milik masing-masing.
Host : Apakah kalian memakai kaus kaki member yang lain?
Lay : Karena kebanyakan kaus kaki kami adalah putih, kami tidak terlalu peduli kaus kaki siapa itu. Kami hanya mengambil dan memakainya.
Host : Siapa di antara kalian yang sangat suka makan junkfood?
Luhan : Mungkin Lay. Dia sangat menyukai junkfood.
Host : Apa macam junkfood yang kamu makan?
Lay : Manis, asin, pada dasarnya yang enak.
Host : Pantas kamu benar-benar kurus. Kita juga telah menyebutkan bahwa Tao adalah yang paling muda. Aku dengar, di Korea ada tradisi yang paling mudalah yang akan mengerjakan pekerjaan rumah. Apakah begitu Tao?
Tao : Mungkin ini terjadi pada grup Korean. Namun tidak pada EXO-M. Kami mencuci piring kami dan mengerjakan pekerjaan rumah masing-masing. Itu kebiasaan yang baik.
Host : Apakah member lain menjaga/merawatmu?
Tao : Ya, misalnya Kris. Ketika aku join SM aku tidak bisa berbahasa Korea dengan baik, oleh karena itu dia banyak membantuku. Dia mengajariku berbicara bahasa korea. Dan member lainnya sangat baik padaku.
Host : Kris, apakah sejauh ini kamu menemui kesulitan sebagai leader?
Kris : Karena konsep EXO sedikit khusus, kami mempunyai member dari korea dan china yang bercampur, ada kendala dalam bahasa. Namun setelahnya, hubungan kami menjadi lebih baik dan seperti saudara sendiri. Aku berusaha yang terbaik menjadi leader berhubung SM memberiku peran ini.
Host : Bisakah kita bermain sedikit game? Aku akan membuat list pertanyaan dan kalian akan menilai siapa member yang paling cocok dengan situasinya.
1. Siapa yang paling imut?
Luhan. Alasan members yaitu karena dia terlihat innocent secara alami dengan ekspresi wajah yang hilang.
2. Siapa yang melakukan aegyo terbanyak? Tao
Host : Apakah Aegyo Tao berpengaruh padamu Kris?
Kris : Ya, itu sangat berguna. Aku tidak mempunyai pilihan berhubung dia adalah yang paling kecil, jadi aku akan memberikan yang ia minta.
Lay : Itu berpengaruh hanya pada kondisi tertentu. Jika tidak imut, maka tidak akan berpengaruh. Bbuing Bbuing Tao adalah yang paling imut.
Host : Tao, tolong lakukan hal itu. (Tao melakukan bbuing bbuing)
Lay : Dia selalu melakukan aksi ini ketika ingin pergi ke suatu tempat dan butuh ditemani.
3. Siapa yang paling lucu?
Xiumin.
Luhan : Mungkin karena hubungan kita sangat baik, jadi Xiumin melakukan aksi yang sangat imut dan membuat kami tertawa.
Lay : Aksi terkenal Xiumin adalah menggoyangkan kepalanya (Xiumin melakukan aksi tsb)
4. Dalam grup, siapa yang paling terkenal di antara kaum perempuan?
Luhan dan Kris.
Host : Bisakah kita memilih member yang spesifik?
Xiumin : Mereka sama terkenalnya, Kami tidak bisa menceritakan perbedaannya level kepopulerannya.
Tao : Menurut pendapatku, itu bergantung pada situasi. Image Kris adalah dewasa. Dia memberikan image yang benar benar seorang pria maka wanita yang lebih tua akan menyukainya. Atau dengan kata lain wanita yang lebih dewasa. Untuk Luhan, tipikal “school girl”-lah yang menyukainya.
Kris: Aku rasa itu karena kita mempunyai penampilan berbeda, dan selera orang juga berbeda.
Host : Siapa yang paling berbeda di depan kamera? Lay.
Kris : Lay cukup usil, dia juga lucu. Ketika tidak ada sesuatu yang dikerjakan dia akan masak, tapi di stage dia sangat berbeda. Lay tolong jelaskan sendiri
Lay : Ketika aku di stage dan mendengarkan musik aku akan sangat excited dan saat itu aku akan fokus pada dance dan musik.
Host : Karena kau suka makan cemilan, apa kau suka membuang sampahnya dimana saja?
Lay : Oh, tidak. aku sendiri tidak suka dengan kebiasaan seperti itu.
Host : Lalu siapa yang paling rapi/bersih diantara kalian? Apa itu Luhan?
Lay : bukan, yang paling rapi adalah Xiumin. dia akan mengepack pakaiannya dengan sangat rapih.
Host : Kita telah mengetahui mengenai kehidupan EXO di dorm. Bagaimana jika kalian menampilkan sesuatu seperti di stage? Maukah kalian berbicara lebih mengenai hal ini?
Tao : Keahlianku adalah beladiri.
Host : Sayang sekali kamu tidak bisa melakukannya sekarang. Namun maukah kamu berpose?
Tao : Aku bisa melakukan flip sekarang. Pinggangku tidaklah terlalu menjadi hambatan. Aku sudah banyak pulih.
(Tao melakukan flip)
Host : Apa kamu berlatih sangat lama untuk menguasai hal ini?
Tao : Tidak begitu, aku mempelajari beladiri sejak kecil dan aku sudah menguasai dasarnya. Oleh karena itu, aku hanya membutuhkan sedikit latihan.
Host : Beri tepuk tangan untuk Tao, itu sangat menakjubkan. Chen, apa keahlian khususmu?
Chen : Menyanyi dengan nada tinggi.
Xiumin : Aku bisanya melakukan bagian teriak dalam sebuah lagu (Xiumin melakukan part screaming dalam MAMA)
Host : Kembali pada Chen. Apakah kamu menyiapkan sebuah aksi?
Chen : Ya. Aku akan menyanyi sebagian part dari MAMA. (Chen menyanyi part nada tinggi)
Host : Luhan bagaimana denganmu?
Fans: AEGYOOO!!!!!!
Luhan: Aku pribadi menyukai permainan rubik, tapi sayang sekali aku tidak bisa menunjukannya sekarang. Aku tidak memilikinya saat ini.
Tao : Sebenarnya Luhan bisa menyanyikan lagu JJ Lin (Luhan menyanyikannya)
Lay : Aku sangat menyukai bermain piano dan gitar. Namun sekarang ini tidak ada.
Host : Bisakah kita melihatmu menampilkan dance No Body Wonder Girl.
Lay : Aku tidak bisa mengingat lagi gerakannya.
Host : Kris, bagaimana denganmu?
Fans: AEGYOOO!!!!!!
Kris : Aku akan menyanyikan bagianku sekarang.
Host : Bisakah kita melihat Kris melakukan aegyo?
Kris : Mungkin kapan-kapan. Sebenarnya aku bisa sedikit sulap, tapi aku tidak bawa apa-apa sekarang, mungkin lain kali
Host : Aku dengar Tao berasal dari Qing Dao. Juga Victoria f(x) dari Qing Dao. Apakah kalian berdua saling membantu?
Tao : Ya, kita saling membantu. berhubung kita masih sama sama baru.
Host : Apa dia memberimu nasehat?
Tao : Ya, pada saat Gayo Daejun. aku bekerjasama dengannya, dia mengajarkanku keahlian perform, kharisma dan sopan santun. Aku sangat berterima kasih padanya
Host : Kita punya pertanyaan dari fans.
1. Seperti apa tipe gadis ideal kalian?
Lay : Imut dan hormat pada orangtua.
Luhan : Gentle, kalem/tidak banyak bicara
Xiumin : huggable, dan bisa membuat orang nyaman
Chen : Aku menyukai Noona yang bisa menjagaku dengan baik
Tao : Aku masih muda, tidak begitu tertarik pada hal seperti itu, aku lebih fokus untuk bekerja saat ini
2. Fans bertanya mengenai nama panggilan Kris ada Krisus, Cowboy, dan Male God, mana yang paling disuka?
Kris : Aku suka semuanya. Karena temanku juga ada yang memanggil beberapa nama panggilan itu padaku. Nama-nama itu begitu berarti untukku.
3. Apa kalian merasa gugup sebelum debut dan saat berjalan di redcarpet?
Kris : Ya, tentu saja kita sangat gugup.
Host : Apa kalian saling menyemangati sebelum naik stage?
Kris : Ya kami melakukannya dengan cara kami. (Mereka memeragakannya)
Host : Apakah ada cara yang selalu kalian lakukan dalam menempatkan telapak tangan? Atau hal tsb dilakukan acak?
Kris : Tidak ada urutan dalam hal itu. Namun karena aku yang paling tinggi, tanganku selalu berada di atas.
Host : Wow! Itu sangat cool! Aku dengar ulang tahun Tao dan Luhan sebentar lagi. Kalian (fans) bisakah beri cheer pada mereka?
Fans: Luhan, Zitao, happy birthday!
Host : Kita sudah berada di akhir acara. Terima kasih EXO-M telah menjadi tamu kita hari ini. Aku berharap kalian selalu mengupdate weibo kalian sehingga setiap orang bisa mengetahui keseharian kalian dan hal2 baru. Terima kasih banyak, terima kasih.
Ket: Host: merah, Kris: jingga, Lay: kuning, Chen: hijau, Xiumin: biru, Tao: ungu, Luhan: merah muda
Source : weibo
Eng Trans : Yenuo
Indo Trans : Richan @ EXOnesia
shared by : mschoiyu @ EXOnesia

4 komentar:

gikwangistrisayaeh mengatakan...

hahaha...
nyuci kaos kaki?
ga banget nih
kayaknya exo m itu gila ama sifat mereka,bukan karena kelakuan kaya exo k
makin cinta deh ama mereka.
EXO HWAITING!
TAE HEE UNNIE,FIGHTING!

auliashamutzagain mengatakan...

maksud lo gi kwang istri lo?hahaha..
eh gue juga cinta kali ama si EXO.baru kali ini loh gue suka ama semua lagu di 1 ALBUM.

amazing banget buat gue.
wkwkwkwkk

HWAITING!!!makasih dukungannya.. :D

chandrakira mengatakan...

ealah si LAY ternyata nakal,hehehe...
bikin FF LAY dong chingu..

seumuran kan kita nya?hee ^_^

auliashamutzagain mengatakan...

Lay?
udah ada rencana siihh..
ntar deh ya,yang nulis cuman atu..
dan masih agak ribet..
MIAN.. *bow*

makasih,
jeongmal kamsahamnida :)